Selasa, 08 November 2016

Long March

DK HW Qobilah Siti Chamamah Pangkalan MBS Yogyakarta sukses mengadakan long-march sekaligus pendakian ke Gunung Api Purba, Nglanggeran, Gunung Kidul, pada Kamis (04/02/2016) lalu. Kegiatan yang diikuti 24 orang anggota Dewan Kerabat ini bertujuan untuk melatih kader-kader DK HW Qobilah Siti Chamamah dalam mengaplikasikan materi-materi kepanduan yang telah didapat. Selain itu, kegiatan ini juga berfungsi untuk menguji kelayakan seorang anggota Dewan Kerabat dalam menghadapi situasi-situasi tak terduga.
Rombongan tiba di lokasi pendakian pada pukul 21.30 dan berhasil menyelesaikan pendakian dalam waktu sekitar satu jam. Selanjutnya, kegiatan yang dilakukan rombongan sesampainya di puncak adalah mencari tempat yang sesuai untuk beristirahat. Dengan materi 'survival, aproksimasi serta mountaineering' yang telah didapat, rombongan mempersiapkan tempat beristirahat alakadanya untuk melindungi dari dingin dan kabut Gunung Api Purba.
Keesokan harinya, rombongan kembali naik ke puncak untuk mengamati dan membaca tanda-tanda alam di sekitar lingkungan Gunung Api Purba. Sesuatu yang paling menarik adalah, bahwa rombongan menemukan tumbuhan-tumbuhan yang seharusnya tidak ada di tempat tinggi seperti puncak gunung. Selain itu rombongan juga mengamati arah mata angin dari lumut yang di temukan di sepanjang pohon dan bebatuan. Sebelum turun, rombongan menyempatkan untuk mempraktekan materi membaca arah mata angin menggunakan kompas.
Rombongan long-march dan pendakian DK HW Qobilah Siti Chamamah tiba di Pangkalan MBS Yogyakarta pada Jum'at (05/02/2016) pukul 11.00.

Dari kegiatan tersebut diharapkan seorang anggota pandu dapat mengkhidmati nilai-nilai yang terkandung dalam Janji Pandu HW, selain itu manfaat dari kegiatan tersebut juga untuk mengaplikasikan materi yang selama ini didapat. Dan tentu saja untuk mengembangkan Kader DK HW Qobilah Siti Chamamah dalam mendidik dan mengedukasi Sahabat Pandu HW MBS Yogyakarta. Fastabiqul khairat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar